Kamis, 08 Desember 2016

Permainan Bulutangkis (Badminton)

Olahraga Bulu tangkis (badminton),  olahraga yang sangat populer di masyarakat Indonesia.
Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket  yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan. Mirip dengan tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan (“kok” atau “shuttlecock“) melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.


Pengertian dan Teknik Dasar Bulutangkis


Pengertian Permainan Bulutangkis

Bulutangkis yaitu sebuah permainan bola kecil yang menggunakan raket sebagai pemukul dan shutlecock. Selain itu permainan bulutangkis juga menggunakan net yang direntangkan tepat ditengah- tengah lapangan bulutangkis. Didalam sebuah pertandingan bulutangkis, permainan bulutangkis dapat dimainkan oleh 2 orang (tunggal) atau-pun 4 orang (ganda).
Induk dari perbulutangkisan indonesia dipegang penuh oleh PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia). PBSI berdiri sebagai induk perbulutangkisan indonesia pada tanggal 5 mei 1951 di Bandung. Ketua umum PBSI sekarang dipegang oleh Bapak Gita Wirjawan.
Didalam dunia internasional, IBF (International Badminton Federation) merupakan induk dari segala persatuan- persatuan bulutangkis negara- negara di dunia. Semua peraturan bulutangkis yang diterapkan di dunia ini ditetapkan oleh IBF. IBF juga sering disebut dengan nama lain yaitu BWF (Badminton World Federation).

Teknik Dasar Permainan Bulutangkis

1. Teknik Untuk Memegang Raket

a. Forenhand Grip

Cara melakukannya sebagai berikut :
  1. Peganglah raket tepat ditangan sebelah kiri dan posisi raket harus tegak lurus.
  2. Tangan yang sebelah kanan memegang senar.
  3. Tangan kanan diarahkan ke pegangan tangan.
  4. Telapak tangan diletakkan di ujung pegangan tangan.
  5. Semua jari agak terpisah (kecuali jari telunjuk).
  6. Jempol tangan melingkar wajar.
  7. Jari- jari yang yang lain harus sedikit renggang.

b. Backhand Grip

Cara melakukannya sebagai berikut :
  1. Jempol tangan posisinya melingkar tegak lurus disepanjang pegangan raket.
  2. Jempol tangan ke dalam sebagai pengungkit.
  3. Pegangan harus berubah dengan berputarnya raket 1/4 putaran.

c. American Grip

Cara melakukannya sebagai berikut :
  1. Tangan memegang raket di bagian ujung tangkai raket (handle).
  2. Jempol tangan dan jari telunjuk menempel pada tangkai.

d. Combination Grip

Cara melakukannya sebagai berikut :
  1. Raket dalam posisi miring saat raket dipegang.
  2. Jari telunjuk diposisikan dibagian depan menghadap ke ujung raket, Jempol tangan memangku ditangkai raket di sisi belakang dan selain jari telunjuk, jari ditekuk dibawah tangkai raket.

2. Teknik pukulan

a. Servis

Yaitu Pukulan pertama (permulaan) untuk memulai permainan dengan memukul shutlecock. Jenis- jenis servis dalam permainan bulutangkis sebagai berikut :
  1. Servis Panjang (Deep singles service)
  2. Servis Pendek (Short doubles service)
  3. Variasi Servis Pendek (Short doubles service)

b. Forenhand

Yaitu teknik untuk menerima dan mengembalikan shutlecock. Jenis- jenis forenhand dalam permainan bulutangkis sebagai berikut :
  1. Forenhand Clear
  2. Forenhand Overhead (pukulan di ats kepala)
  3. Forenhand Drop (pukulan lambat dan pelan jatuh dimuka net)
  4. Backhand

 PERLENGKAPAN PERMAINAN BULU TANGKIS 
a.Ukuran Lapangan Bulu tangkis Panjang Lapangan Bulu Tangkis = 13.40 m Lebar Lapangan Bulu Tangkis = 6.10 m Bentuk Lapangan Bulu Tangkis = Empat persegi panjang Tebal garis tepi = 5 cm Bahan Lapangan Bulu Tangkis : – tebuat dari tanah atau pasir – terbuat dari semen atau tegel – terbuat dari papan kayu – terbuat dari karpet sintetis tinggi net bulu tangkis = 1.55 m, tepi net diberi pita yang lebarnya 0.05 m dan lebar net 0.75 m dan panjang net 6.10 m 

b. Raket Raket terbuat dari bahan yang kuat dan ringan, boleh terbuat dari kayu seluruhnya, kepala kayu batang logam, atau seluruhnya logam. Berat raket tidak boleh kurang dari 150 gr. Jenis raket terbagi atas : – Raket yang berat bagian kepala (untuk tipe permainan keras) – Raket yang berat bagian pegangannya (untuk tipe pemain halus/main didepan net) – Raket yang beratnya seimbang (untuk tipe pemain yang netral) 

c. Senar Jenis senar yang dipakai dalam raket bermacam seperti: – senar yang terbuat dari usus binatang (babi) : lentingan baik sekali dan mudah putus – senar yang terbuat dari nilo : lentingan baik dan sewaktu-waktu dapat putus – senar yang terbuat dari plastik senar : lentingan kurang baik dan cukup kuat 

d. Shuttlecocks Kok permainan bulutangkis tersebut dari bagian kepala dan bulu. Kepala terbuat dari gabus yang dibungkus dengan lapisan kulit yang tipis dan kuat, sedangkan bulunya dari bulu itik, angsa, dan bulu ayam yang jarang dipakai. Adapun ukuran kok adalah: Panjang bulu kok / shuttlecocks = 60 x 70 mm Diameter gabus shuttlecocks = 25-28 mm Jumlah bulu kok /shuttlecocks = 14-16 helai Berat bola kok / shuttlecocks = 4.73-5.5 gr Garis tengan lingkaran bulu = 54 m

0 komentar:

Posting Komentar